Bojonegoro Selatan "anak tiri yang cantik"


     Bicara tentang Bojonegoro Selatan tentunya sangat banyak yang sudah kita dapatkan dari daerah tersebut,  Bukan hanya dari  sumber daya alamnya saja tentunya, dari sumber daya manusia dan keindahan alamnya yang cukup menawan...

    Sumber daya alam dari Bojonegoro selatan hmmm.....
1. Batu Onyx Njari... sudah sangat terkenal di Indonesia. bahkan menurut beberapa sumber. kebutuhan di daerah Kalimantan di suply dari daerah tersebut..
2. Batu belah (batu untuk keperluan pembangunan) ini juga dari daerah Gondang dan sekitarnya. mungkin sudah ribuan kubik yang diproduksi. dan menyebar ke Indonesia tentunya. 
3. Kayu Jati... di Bojonegoro selatan tempatnya. mulai dari Bubulan keselatan, disitu tempatnya pohon jati . mungkin sudah jutaan pohon jati dari Bojonegoro selatan yang sudah terkirim ke seluruh Indonesia bahkan di Dunia. 
4. Air... Bojonegoro selatan.. mulai dari Ngunut. Dander. Sumberarum, sampai waduk pacal.. dan yang baru dibangun, waduk Gongseng di temayang... tentunya sudah ribuan hektar sawah sudah teraliri.  Jutaan kubik yang sudah kita konsumsi untuk keperluan  sehari hari kita.

   Sektor pertanian..... hmmmm.....  Bojonegoro Selatan penghasil bawang merah. kacang tanah. dan palawija terbaik ...  tembakau juga tumbuh dengan bagus di sana.

   Pariwisata... wow,    Bojonegoro selatan Gudangnya wisata Bojonegoro.... mulai dari khayangan api. tubing Ngunut. Waterpark dan wanawisata Dander. Kedung Maor. Waduk Pacal. Negeri Atas Angin. Watu Gandul. dan masih banyak lagi ... yang masih dalam proses eksplorasi.
 
 
Negeri atas angin


waduk pacal


kedung Maor


Air terjung "Kedung Gupit"


Khayangan Api


Watu Gandul


Krondonan


Gunung lawang dari Senganten


gunung watu. 


     Itu semua milik Bojonegoro selatan... dan tentunya diperuntukan untuk kepentingan semua masyarakat di Bojonegoro.   Sayang beribu sayang itu tidak berbanding lurus... sebagian besar berbanding terbalik...  

Untuk mencapai "Negeri Atas Angin"  kita harus ekstra Hati hati... karena jalanya yang super jelek...  setelah sampai lokasi masih disibukkan dengan minimnya tempat untuk buang hajad... (ada sih tapi masih jauh dari layak itupun juga dari kesadaran Desa yang dengan suka rela membuatkan untuk kita)

Menuju "Kedung Maor" lumayan bagus. itupun karena ada pembangunan waduk Gonseng (mungkin lho ya) disana yang jelas tidak ada MCK.... jadi kalau buang Hajad cukup dibalik pohon saja...

Jalan menuju "krondonan" Alhamdullilah lumayan parah juga.... masih dalam tarap pengecoran... yang belum lengkap... mungkin kita harus nunggu 3 tahun baru lengkap ngecornya... padahal disana banyak pabrik batu... aneh kan....

Menuju "air terjun Kedunggupit" samimawon... sama saja...untungnya tempatnya bagus... kalau tidak, Mungkin lebih baik pulang saja... begitu sampai Gondang.... hihihihi.

Menuju "watu Gandul" nggih sama saja.... jalanya itu lho yang bikin kita gak bisa tidur...... ada goyang pinggulnya....

"Waduk Pacal" dan "Dander" dan "Khayangan api" Bagus... karena ini Obyek wisata sudah cukup lama... Fasilitas juga cukup baik... cuman sayangnya setelah sampai lokasi kita mau disuguhi apa??? ini yang tidak ada. di "Waduk Pacal" hanya memandang air dengan pemandangan indah wis.... kalau makan ikan waduk harus keluar dulu sejauh kurang lebih 4 km... diwarungnya "mbak sum" Semok. Dander is ok... karena sudah ada wahana wisata air... di "Khayangan Api" karena wisata malam. ya harusnya Jagung bakar dan kopinya yo buka malam .... mosok baru jam 8 malam ... semuanya sudah tutup..... tolong nggih.....

 petani bawang merah 


Ladang Jagung


sawah di atas angin


kawasan Hutan Bojonegoro selatan.

    
    Bojonegoro selatan seperti "Cinderela" yang jelita. yang hanya diberi mimpi.  Mimpi bahwa akan datang pangeran tampan yang akan membawanya  ke istana yang megah (kapan Bangunya hayooo).  

Yo sekarang ayo bangun.. sudah cukup lama kalian bermimpi.  apapun itu mimpi tak akan jadi nyata kalau tidak diraih dan diusahakan.  jangan menunggu "pangeran" datang. Anggap saja "sang Pangeran" sedang ketiduran. "Cinderela" harus bisa Jadi "Srikandi" yang perkasa. yang mampu berdiri sendiri, mampu membangun diri, mampu bersolek sendiri.  Yakinlah pasti akan banyak "Pangeran" yang meminang.. karena memang sudah ditakdirkan "Cinderela" itu cantik.  Mosok kalah karo "Limbuk" sing glinak glinuk.... 






KGS 2016

Komentar

Postingan Populer