"Kaliketek" Bojonegoro


Bagi Masyarakat Bojonegoro nama "Kalieketek" pasti sudah tidak asing. Pada umunya  Masyarakat sudah paham tentang kawasan tersebut.  kenapa disebut "Kaliketek" sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan secara detail.  Mungkin pada jaman dahulu kawasan tersebut banyak ketek(kera) disitu, sehingga akhirnya disebut Kaliketek.

Kaliketek adalah nama sebuah kawasan di utara Bojonegoro.  Terdiri dari perbukitan. yang dilewati sungai Bengawan Solo. dan dihubungkan oleh jembatan yang banyak menyimpan sejarah perjuangan bagi masyarakat Bojonegoro.  Pahlawan Bojonegoro "Lettu Suyitno" Gugur di daerah tersebut.




Kaliketek masuk di desa Banjarsari. kecamatan Trucuk. Kabupaten Bojonegoro. yang berbatasan Langsung dengan Kabupaten Tuban.  Kawasan perbukitan di daerah tersebut  dulu  dijadikan ajang balap "motocross" bertingkat Nasional, Bahkan konon ceritanya sirkuit bumi kaliketek menjadi incaran pembalap kelas Nasional karena tingkat kesulitan cukup tinggi dan sangat memacu andrenalin (salah salah bisa masuk bengawan Solo) sekitar tahun 1980an ketika itu.



Karena memang Lokasi  "kaliketek" dekat dengan Kota Bojonegoro. dan memiliki pemandangan yang Indah.  Pada saat sekarang daerah tersebut banyak digunakan warga terutama anak anak mudanya. untuk berfoto foto, Motocross, dan jenis Rekreasi lainya.   Lagi lagi sangat disayangkan peran Pemerintah disini sangatlah kurang. Tidak adanya fasilitas pendukung,  terutama belum tersedianya MCK umum didaerah tersebut




 


Mungkin kalau kawasan tersebut di kelola dengan baik  akan menjadikan tempat wisata baru  yang mudah dijangkau, murah, dan mempunyai pemandangan yang cukup menarik.











Kalau bukan kita yang memulai berbuat siapa lagi....  "jadikan Kaliketek menjadi tempat berkreasi yang murah tapi tetap tidak murahan"

Komentar

Postingan Populer