Tambangan Banjarsari.... (taman bengawan solo)

 
................Bengawan Solo riwayatmu dulu
Para pedagang s'lalu naik itu perahu..........

Petikan syair lagu bengawan solo dari sang maestro Gesang masih terdengar pelan diantara angin dan air yang mengalir pagi ini....   Ya... tepatnya di pusat kota Bojonegoro. persis di utara pasar kota Bojonegoro. Disitu ada dermaga sungai Bengawan Solo (tambangan) yang konon sudah ada sejak jaman sebelum Indonesia Merdeka. Tambangan Banjarsari . menghubungkan desa Banjarsari kec Trucuk ke kota Bojonegoro. 





sejak dulu sampai sekarang tambangan tersebut masih berfungsi sebagai tempat penyebrangan yang mengantarkan warga masyarakat . Pedagang, Pelajar, Pegawai, dll.  hampir semua masyarakat disekitar tambangan tersebut pernah menggunakan jasanya. Mungkin sudah ratusan saudagar kaya dulunya juga nambang disitu sebelum dia bisa membeli mobil atau angkutan lainya.  Mungkin sudah Ratusan Ahli ekonomi,Teknik. dan ahli ahli lainya  dulunya nambang disitu sebelum dia mencapai gelar kesarjanaanya.  Mungkin sudah Ribuan pegawai yang sudah menjadi pejabat di negeri ini dulunya juga nambang disitu.   






Selain  untuk penyebrangan tambangan tersebut juga banyak digunakan untuk nelayan. banyak masyarakat nelayan menggantungkan hidup daerah tersebut.. bahkan ada yang menginap di perahu perahu yang ada didaerah tersebut. Penambang pasir tradisional juga menggantungkan hidup diarea tambangan . boleh dibilang laju ekonomi di Bojonegoro salah satunya juga di topang oleh Tambangan Banjarsari.






Saya kira mereka semua yang sudah lama meninggalkan kota Bojonegoro. pasti tidak akan melupakan tambangan ini.. karena banyak kenangan disini.  banyak pelajaran kehidupan yang didapat disini. Tambangan  Banjarsari tetap seperti dulu tetap dengan setia mengantar kita semua menuju apa yang kita inginkan. Walau sudah banyak jembatan dibangun  Tambangan Banjarsari tetap saja setia... seperti lirik lagu bengawan solo...

................Bengawan Solo riwayatmu kini
Sedari dulu jadi perhatian insani...............
 
 


KGS 2016

Komentar

Postingan Populer