"Maor"... sungai kecil warisan prasejarah

Kedung Maor adalah sebuah kedung (kubangan) yang airnya berasal dari kali Soko dan  limpahan dari Waduk Pacal.  Lokasi Kedung Maor berada di pertengahan hutan Atau lebih tepatnya di kawasan hutan RPH (Resort Pemangkuaan Hutan) Tretes, KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Bojonegoro. Air terjun tersebut bisa ditempuh satu jam setengan (40 KM) dari Kota Bojonegoro ke arah selatan (Arah Nganjuk). Sayang wisata ini kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Bojonegoro sehingga pengelolaan kurang maksimal.


Sejarah dari Kedungmaor sendiri kata penduduk setempat dari dua kata Kedung dan maor, Kedung sendiri memiliki arti sebuah kubangan air yang besar tapi prosesnya secara alami, mksudnya alami ini adalah aliran air yang mangalir dari hulu ke hilir akan tetapi terbendung di kubangan besar dan melewati itu kedung secara sementara. Sedangkan untuk Maornya, kata sesepuh yang dekat lokasi itu di namakan kedung maor karena Maor sendiri pada jaman nenek moyang kita menamakan (Kedung Maor) adalah di beri nama sesuai bunyi suatu binatang yaitu macan / harimau yang lagi mengeluarkan suara ngereng mirip kucing lagi berkelahi dan itu secara berulang – ulang akan tetapi singa/macan itu tidak ada nampak binatangnya (https://id.wikipedia.org/wiki/Air_Terjun_Kedung_Maor)




Kedung Maor terletak didesa Kedungsumber. Kecamatan Temayang. Kabupaten Bojonegoro.. sekitar 40 km dari Kota Bojonegoro keselatan..  Kawasan tersebut sekarang masih dalam penelitian Ahli Geologi Indonesia.. karena diyakini bahwa kawasan "Kedung Maor" merupakan peninggalan purba.. (grand canyonya Bojonegoro). Bisa jadi  Kedung Maor merupakan Kawasan GEOHERITAGE..(semoga cepat terwujud)




Kedung Maor merupakan tempat yang cukup menakjubkan dan membuat kita berdecak kagum... karena keindahan dan keunikan batuan yang terdapat disana. kawasan ini relatif cukup mudah dijangkau... Mumpung masih hangat ayo kunjungi "Kedung Maor" 

KGS 2016

Komentar

Postingan Populer